Cari Blog Ini

Jam Berapa Sekarang ?

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

BKS PAGE 6

Author: Kelompok 6 ~TIK~ of SCIENCE 4
Minggu, 16 Oktober 2011

3. TCP (Transmission Control Protocol)
TCP ( Transmission Control Protocol ) ialah suatu metode yang digunakan bersamaan dengan Internet Protocol (IP) untuk mengirim data dalam bentuk unit pesan antara komputer dalam internet.
Selama IP menjaga penanganan lalu lintas data secara nyata, TCP menjaga lintasan dari unit data persatuan ( disebut paket ) yang merupakan pecahan dari pesan sehingga mengefisiensikan proses routing dalam internet.

Sebagai contoh, ketika file HTML dikirimkan dari Web server, TCP program layer merupakan tempat dimana server memecah file menjadi satu atau lebih paket, dan mengirimkan mereka persatuan paket ke IP program layer.

Walaupun setiap paket mempunyai tujuan IP address yang sama, paket tersebut mungkin diroutingkan melalui lintasan yang berbeda padahal melalui jaringan yang sama. lalu pada program client dalam komputer penerima, TCP menyusun kembali paket tersebut dan mengirimkan ke komputer pengguna sebagai satu kesatuan paket yaitu file.

4. IP (Internet Protocol)
Internet Protocol ialah metode atau protocol yang mana data dikirim dari satu computer ke computer lain dalam internet.
Setiap computer ( disebut juga host ) dalam internet sekurang-kurangnya memiliki satu alamat yang unik, tidak ada yang menyamainya dalam dunia internet. Ketika kamu mengirim atau menerima data, sebuah pesan ( data ) dipecah menjadi bagian kecil, yang disebut paket.
Setiap paket terkandung baik alamat internet pengirim maupun penerimanya. Setiap paket pada awalnya dikirim kepada komputer gateway, yang membaca alamat tujuan yang lalu mengirimkan ke internet, yang mana lalu diterima oleh gateway tujuan, yang mana gateway tersebut mengirimkan paket tersebut ke komputer tujuan.

5. TCP/IP
TCP/IP adalah sekumpulan protocol komunikasi yang secara luas dipakai dalam komunitas global jaringan komputer.
TCP dan IP merupakan dua protocol terpenting dalam TCP/IP disamping protocol-protokol lainnya, sehingga disebut demikian.
Fitur-fitur TCP/IP :
· Open protocol standard
Tersedia secara luas, tidak bergantung kepada hardware dan operating system. Ideal untuk menyatukan mesin-mesin dengan perangkat yang berbeda, meskipun tidak terhubung ke internet.
· Hardware independent
Tidak tergantung pada perangkat keras jaringan tertentu, sehingga cocok untuk menyatukan bermacam-macam tipe network, misalnya : Ethernet, Token Ring, X.25 dll.
· Pengalamatan bersama
Memungkinkan untuk mengidentifikasi secara unik device yang satu dengan lainnya dalam seluruh jaringan, sekalipun sebesar worldwideInternet.
· Protocol level tertinggi
Menyediakan servis user yang luas.


Sejarah TCP/IP
Tahun 1969, DARPA (Defense Advanced Research Project Agency) mendanai riset dan pembuatan jaringan paket yang bernama ARPANET.
Karena dinilai sukses, maka banyak organisasi-organisasi lain yang menggabungkan diri dengannya. Karena tidak mampu lagi menampung jumlah selengkapnya bisa diliat disini.


  1. posting info hiburannya oke...biar yang kunjungi blog ini tidak bosan..kelompok 6 kelompok 6....

Posting Komentar